Panduan Menambahkan Blog ke Google Search Console

Jika Anda memiliki sebuah blog, Anda harus tahu tentang Google Search Console. Dahulu dikenal sebagai Google Webmaster Tools, ini seperti dashboard instrumen yang memungkinkan Anda mengelola blog atau situs Anda. Menyiapkan ini harus menjadi prioritas utama SEO webmaster. Pada artikel ini, Anda belajar langkah-demi-langkah cara menyiapkan akun Google Search Console.

Apa itu Google Search Console

Google Search Console adalah nama baru untuk Google Webmaster Tools, perubahan nama yang membuat alat terdengar kurang teknis dan lebih inklusif. Search Console adalah perangkat lunak gratis yang disediakan oleh Google yang mengungkapkan informasi yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain tentang situs web Anda sendiri. Untuk proyek pengoptimalan mesin telusur yang kami lakukan, kami memastikan bahwa Google Search Console disiapkan. Alat Google juga berfungsi untuk aplikasi, sehingga pengembang aplikasi juga mendapatkan keuntungan dari data tersebut.

Alat webmaster ini memberi tahu Anda bagaimana mesin pencari melihat situs Anda, Di sini Anda dapat melihat kesalahan situs, memeriksa halaman yang rusak, mengkonfirmasi pengindeksan situs, dan banyak lagi. Plus, ini adalah tempat Anda mengambil pesan yang dikirim langsung dari Google. Entah itu peringatan malware, hack yang terdeteksi di situs Anda, atau pemberitahuan bahwa Anda telah mendapatkan hukuman pinalti  - mesin pencari memberi tahu Anda melalui Google Search Console.

Selain itu, alat ini menunjukkan kepada Anda bagaimana orang berinteraksi dengan situs Anda di hasil penelusuran. Ini seperti lubang kunci pribadi yang memungkinkan Anda memata-matai perilaku situs web Anda di dunia pencarian yang lebih luas. Misalnya, Anda bisa melihat data seperti:
  • Istilah penelusuran apa yang muncul di situs Anda di penelusuran Google (Ya, Anda dapat melihat kata kunci di sini!)
  • Peringkat situs rata-rata Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tersebut
  • Berapa banyak pengguna yang mengeklik cantuman situs Anda di hasil Google

Catatan: Anda mungkin sudah menyiapkan Google Analytics untuk situs Anda. Meskipun ada beberapa tumpang tindih antara kedua produk tersebut, mereka bekerja dengan tangan terbaik untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang lalu lintas situs web Anda. Untuk memantau upaya SEO dan merawat situs web Anda, siapkan Google Search Console sebagai alat utama Anda.

Mulailah dengan Masuk ke Akun Google

Google ingin menghubungkan titik di antara situs web Anda (atau aplikasi) dan Anda jadi pertama Anda harus masuk ke akun Google Anda. Anda dapat masuk melalui Gmail, Google+, atau di manapun Anda memiliki akun Google.

Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda harus menetapkannya. Buka Google.com dan klik Masuk. Kemudian pilih Buat akun dan lengkapi formulirnya. (Bonus: Anda sekarang memiliki akses ke Gmail dan semua aplikasi Google lainnya.)

Siapkan Google Search Console

Saat masuk ke akun Google Anda, navigasikan ke halaman ini di browser manapun: http://www.google.com/webmasters/tools/. Ketik di situs web Anda (URL domain, seperti http://www.example.com/) atau aplikasi (misalnya, android-app://com.eample/) lalu klik Tambahkan Properti.

Catatan: Jika Anda sudah memiliki setidaknya satu properti yang disiapkan, Anda akan melihat tampilan itu bukan entri URL yang ditunjukkan di bawah ini. Untuk menambahkan situs web atau aplikasi lain, cukup klik tombol Tambahkan Properti dan kemudian masukkan URL situs baru.

Google Search Console Tambahkan Properti

Selanjutnya, Google perlu mengonfirmasi bahwa situs web atau aplikasi ini milik Anda. Untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik situs, Anda memiliki beberapa pilihan. Klik tab "Metode Alternatif" untuk melihat semuanya.

Google Search Console Metode Alternatif

Metode # 1: Google Analytics

Jika Anda telah menyiapkan Google Analytics untuk situs web Anda DAN Anda memiliki izin "administrator", Anda dapat memverifikasi kepemilikan situs Anda seketika. Ini adalah metode yang disukai SEO dan webmaster sama karena biasanya yang paling mudah. Inilah yang harus dilakukan:

Pilih opsi "Google Analytics".

Klik tombol Verify. Itulah keseluruhan prosedurnya. Anda siap menggunakan Google Search Console!

Google Search Console Verifikasi Google Analytics

Jika Anda TIDAK memiliki Google Analytics, ada tiga metode untuk memverifikasi kepemilikan situs Anda. Baca terus untuk memutuskan mana yang akan menjadi metode verifikasi termudah untuk Anda.

Metode # 2: tag HTML

Jika Anda memiliki akses untuk mengedit kode HTML situs Anda, pilih opsi "tag HTML".

Salin baris teks yang ditampilkan Google di kotak berbayang (dimulai dengan <meta name=)
Selanjutnya, kembali ke halaman penyiapan Google Search Console, klik tombol Verify. Itu dia!

Google Search Console Verifikasi Tag HTML

Metode # 3: Penyedia nama domain

Jika Anda tidak dapat menggunakan dua metode pertama, coba opsi "penyedia nama Domain".

Dari daftar drop-down, pilih perusahaan tempat Anda mendaftarkan nama domain Anda. Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan Google, yang bervariasi. Setelah selesai, klik tombol Verify.

Google Search Console Verifikasi Penyedia nama domain

Metode # 4: Google Pengelola Tag

Opsi terakhir untuk memverifikasi situs web Anda berfungsi untuk orang-orang yang memiliki akun Google Pengelola Tag (dan izin "kelola"). Jika itu Anda, pilih tombol radio keempat dan klik tombol Verify.

Memulai Menggunakan Google Search Console

Setelah Google memverifikasi kepemilikan situs atau aplikasi Anda, Anda dapat masuk dan mulai menggunakan Google Search Console yang baru disiapkan. Ingatlah bahwa data memerlukan waktu untuk mengumpulkannya, jadi mungkin beberapa hari sebelum data baru Anda layak dilihat. Ini adalah saat yang tepat untuk mengurus tugas pengoptimalan mesin pencari dasar namun penting: membuat peta situs yang akan membantu Google menemukan dan mengindeks halaman Anda lebih cepat.

Untuk mengakses alat, buka http://www.google.com/webmasters/tools/. Masuk, lalu klik nama situs web atau aplikasi yang Anda siapkan di Google Search Console. Begitu masuk, jelajahi menu sebelah kiri untuk mencoba banyak alat dan laporan. Berikut adalah beberapa sumber bantuan Google untuk membantu Anda memulai:
  • Memperbaiki pengaturan pribadi dan situs Anda - Anda dapat menyesuaikan cara Anda menyiapkan akun Google Search Console. Misalnya, jika situs Anda beroperasi di berbagai negara, atau jika Anda memiliki beberapa versi domain, inilah tempat Anda menentukan setelan pilihan Anda (cari tahu lebih lanjut).
  • Siapkan pengindeksan aplikasi dan yang lainnya - Pengembang aplikasi dapat menggunakan Google Search Console untuk menambahkan tautan dalam ke aplikasi mereka (yang memungkinkan laman aplikasi muncul di hasil penelusuran seluler pengguna), menautkan aplikasinya dengan situs web, menangani kesalahan perayapan dan lebih banyak (pelajari caranya).
  • Menguasai laporan Search Analytics - Di antara lusinan fitur canggih yang disiapkan untuk Google Search Console, kami harus menyorotinya. Laporan Analisis Penelusuran, yang telah menggantikan Kueri Penelusuran lama dari hari Alat Webmaster Google, merupakan alat yang hebat dalam kampanye pengoptimalan mesin telusur menyeluruh. Di sinilah Anda akan mengetahui peringkat halaman web mana yang merupakan istilah pencarian dan banyak lagi. Buka alat dengan mengklik Search Traffic> Search Analytics (untuk panduan lebih lanjut, baca artikel bantuan).

Google Search Console Telusuri Analytics

0 Response to "Panduan Menambahkan Blog ke Google Search Console"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel