Cara Menulis Meta Deskripsi yang Baik dan Benar

Cara Menulis Meta Deskripsi yang Baik dan Benar

Meta Deskripsi adalah paragraf singkat teks yang ditempatkan di HTML halaman web yang menjelaskan isinya. Meta deskripsi kemudian akan muncul di bawah URL halaman Anda di hasil pencarian. Ini juga dikenal sebagai cuplikan.

Tujuannya adalah untuk menggambarkan isi halaman ke pencari dan meyakinkan si pencari untuk mengklik ke situs blog Anda. Kata-kata yang sesuai dari hasil pencarian dicetak tebal dalam deskripsi.

Meta deskripsi menjadi salah satu hal penting bagi situs blog Anda pada halaman hasil mesin pencari (bahasa Inggris: Search engine results page, biasa disingkat SERP). jika Anda tidak memasukkan meta deskripsi, Anda akan kehilangan lalu lintas situs blog yang dapat menghasilkan banyak prospek dan pelanggan baru.

Mengapa meta deskripsi penting?

Meta Deskripsi dapat mempengaruhi keputusan si pencari apakah mereka ingin mengeklik konten Anda dari hasil penelusuran atau tidak. Deskripsi yang lebih deskriptif, menarik dan relevan, semakin besar kemungkinan seseorang akan mengkliknya.

Apakah meta deskripsi digunakan sebagai sinyal rangking?

Google telah menyatakan bahwa deskripsi meta TIDAK merupakan sinyal peringkat. Tapi, sekali lagi, kualitas deskripsi akan mempengaruhi rasio klik-tayang (click-through rate), jadi sangat penting untuk menggunakan elemen ini dengan bijak.

Gambar di bawah menunjukkan anatomi dasar hasil pencarian, termasuk di mana meta deskripsi yang sesuai.

Meta Deskripsi Rendy Ruslan

Meta tag deskripsi dapat memiliki dampak signifikan pada upaya optimasi mesin pencari Anda (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO). Deskripsi meta memiliki satu nilai sentral:

Meta deskripsi Anda bertindak sebagai "teks iklan organik".
Apa artinya ini adalah ketika iklan Anda memberi peringkat pada kata kunci, Google dan mesin lainnya akan sering menunjukkan deskripsi meta sebagai ringkasan halaman.

Hal ini membuat meta deskripsi sama pentingnya dengan teks iklan.
Deskripsi meta yang menarik memiliki kekuatan untuk menaikkan rasio klik-tayang hasil penelusuran organik Anda. Itu berarti lebih banyak orang yang melihat halaman Anda dalam hasil pencarian dan benar-benar akan mengklik dan mengunjungi situs blog Anda. Itu berarti lebih banyak lalu lintas untuk Anda.

Bagaimana menulis meta deskripsi yang baik

Berikut poin-poin cara menulis meta deskripsi
  • Kata kunci: pastikan kata kunci Anda yang paling penting untuk halaman web muncul dalam deskripsi meta. Seringkali mesin telusur akan menyoroti dengan huruf tebal di mana ia menemukan kueri pencari dalam cuplikan Anda.
  • Tuliskan kalimat yang mudah dibaca: ini sangat penting. Keyword isian deskripsi meta Anda buruk dan tidak membantu pencari karena mereka akan menganggap hasil Anda mengarah ke situs spam. Pastikan deskripsi Anda dibaca seperti kalimat normal dan ditulis manusia.
  • Perlakukan meta deskripsi seolah-olah itu adalah iklan untuk halaman situs blog Anda: membuatnya sama menarik dan seakurat mungkin. Deskripsi HARUS cocok dengan konten pada halaman, namun Anda juga harus membuatnya seakurat mungkin.
  • Panjang: deskripsi meta seharusnya tidak lebih dari 135 - 160 karakter. Namun, Google sebenarnya tidak mengukur karakter - ia mengukur menurut piksel. Artinya, itu akan memotong deskripsi meta setelah lebar tertentu. jadi pastikan kata kunci penting lebih dekat ke depan.
  • Jangan duplikat meta deskripsi: Seperti halnya tag judul, meta deskripsi harus ditulis secara berbeda untuk setiap halaman. Google dapat menghukum Anda karena duplikasi massal meta deskripsi Anda.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan rich snippets: dengan menggunakan markup skema, Anda dapat menambahkan elemen ke cuplikan untuk meningkatkan daya tariknya. Misalnya: peringkat bintang, peringkat pelanggan, informasi produk, dll.

Contoh meta deskripsi

Ada baiknya membuat sebuah meta deskripsi yang dapat dibaca dan dipahami oleh manusia jangan membuat meta deskripsi yang hanya menampilkan sebuah kata kunci (keyword) yang ada pada blog kita namun, sebuah kalimat yang akan membuat pengunjung blog kita untuk mengunjungi artikel atau pun blog milik kita.

Contoh meta deskripsi yang baik

Blog tentang tutorial, tips dan SEO untuk blog di Blogger

Contoh meta deskripsi yang salah

Blog tentang tutorial blog, tips blog dan SEO blog untuk blog di Blogger

Penting! saya ingatkan hal ini sekali lagi kepada anda - memasukkan kata kunci ke meta deskripsi Anda tidak akan berguna bagi situs blog Anda. Deskripsi ini perlu difokuskan untuk memberikan salinan yang jelas dan ringkas tentang halaman web Anda, jadi hindari terlalu banyak menggunakan istilah hanya karena menurut Anda inilah yang ingin dilihat audiens Anda. (Tidak ada yang ingin melihat isian kata kunci.)

Meta Deskripsi adalah kesempatan Anda untuk memenangkan prospek, mendapatkan pengunjung/visitor. Ini adalah promosi singkat untuk situs blog Anda. Banyak sebagain para blogger yang meninggalkan ini dan, pada gilirannya, kehilangan kesempatan untuk meningkatkan rasio klik-tayang (bahasa Inggris: clickthrough rates). Pastikan untuk membuat deskripsi meta yang menarik untuk situs web Anda yang meyakinkan orang untuk memilih Anda daripada pesaing SERP Anda.

0 Response to "Cara Menulis Meta Deskripsi yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel