Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Pribadi di Blogger

Sebuah blog tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri, berbagi keahlian Anda, dan membuat penggemar dan pengikut tetapi juga membantu Anda mendapatkan penghasilan yang layak melalui blog Anda.

Jika Anda baru mengenal blogging dan bertanya-tanya bagaimana cara memulai blog secara gratis, pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara membuat blog gratis di blogger.com (platform blogging gratis milik Google).

Mari mulai dengan pengenalan dasar Blogger.com.

Sekilas Tentang Blogger.com

Blogger.com adalah situs atau platform blogging gratis milik Google dimana Anda dapat membuat blog gratis dengan subdomain .blogspot.com (misalnya, namabloganda.blogspot.com) atau Anda dapat membeli domain agar situs web Anda sempurna. (misalnya, www.namabloganda.com).

Keuntungan memulai blog di Blogger.com
  • Memulai sebuah blog di Blogger.com bebas dan mudah dibuat dan dipublikasikan.
  • Platform ini dimiliki oleh Google, jadi Anda memiliki kepercayaan dan kredibilitas itu.
  • Meskipun ada banyak platform blogging gratis seperti WordPress.com, Weebly, Tumblr, Blogger.com adalah pemenang dari semuanya ketika memberikan kebebasan dan fitur yang ditawarkan.
  • Anda dapat memonetisasi blog Anda dengan Google AdSense dan program lainnya seperti pemasaran afiliasi dengan mudah tidak seperti platform lainnya.

Sekarang setelah Anda tahu mengapa memulai sebuah blog di Blogger.com bermanfaat, mari lanjutkan ke langkah selanjutnya bagaimana Anda bisa memulai blog Anda sendiri dengan panduan langkah-demi-langkah di bawah ini.

1. Membuat Akun Blogger

Untuk memulai, masuk ke Blogger.com, dan Anda akan disambut dengan halaman arahan intraktif yang indah yang meminta Anda untuk membuat blog gratis.

Branda Blogger

Karena blogger.com adalah produk dari Google, Anda dapat dengan mudah membuat akun blog gratis dengan masuk ke akun Gmail pilihan Anda.

Setelah masuk, Anda akan diminta untuk menggunakan blogger sebagai profil Google plus default Anda atau jika Anda ingin melanjutkan sebagai profil blogger.com yang terbatas.

Memilih profil blogger

Saya sarankan Anda memilih yang pertama untuk keuntungan tambahan seperti menghubungkan blog Anda dengan profil Google plus Anda.

Pada layar berikutnya, klik tombol "Buat Blog Baru" untuk meluncurkan blog pertama Anda.

2. Memilih Nama Blog dan Tema

Di layar berikutnya, Anda bisa memilih domain untuk blog Anda.

Jika Anda tidak tahu apa itu Nama domain, yaitu alamat dimana orang-orang di seluruh dunia dapat mengakses situs blog Anda.

Pilih nama domain pendek yang relevan dengan topik blog anda.

Berikut adalah panduan lengkap untuk memilih nama domain terbaik untuk blog Anda.

Memilih Nama Blog dan Tema

Selanjutnya, pilih tema yang sesuai untuk blog Anda (tentukan bagaimana blog Anda akan terlihat di halaman utama) dan klik tombol "Buat blog!". (Jangan khawatir Anda selalu bisa mengubahnya nanti.)

3. Mengoptimalkan Blog Blogger Anda

Setelah Anda membuat blog Anda, saatnya untuk mengoptimalkannya agar visibilitas mesin telusur lebih banyak dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Anda bisa mengaksesnya di panel sisi kiri dengan memilih Opsi Setelan Dasar di bawah panel “Setelan.” utama. dan Anda bisa mengoptimalkan blog Anda seperti di bawah ini:

Setelan Blogger

1. Menambahkan deskripsi ke blog Anda
Menambahkan deskripsi ke blog agar membantu pembaca dan mesin pencari mengetahui blog Anda. Anda dapat mengaturnya dengan memilih Opsi Setelan Dasar di bawah panel “Setelan.” utama.



2. Mengaktifkan Pengalihan HTTPS
manfaat utama menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP untuk mengakses blog Anda:

  • Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  • Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  • Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.



3. Optimalkan bagian postingan blog blogger anda
Bagian ini akan mengoptimalkan setelan beranda dan hal-hal pada halaman postingan Anda. Untuk mengaturnya dengan memilih Opsi Setelan Postingan, komentar, dan berbagi di bawah panel “Setelan.” utama.

Mengoptimalkan pengaturan postingan

Pengaturan ini cukup jelas, dan jika Anda memiliki masalah, Anda bisa mengklik simbol bantuan (simbol tanda tanya) untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang hal itu.

3. Optimalkan blog anda untuk SEO
Pada bagian ini, Anda mengoptimalkan blog Anda untuk mesin pencari.

Preferensi Pencarian Blogger

  • Tag meta: Anda akan menulis ringkasan bagus tentang blog Anda di sini. Ini akan muncul di search engine dan akan menarik pembaca ke blog anda.
  • Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan: Saat orang mengunjungi di situs web Anda melalui URL yang sudah tidak ada lagi, Anda dapat menetapkan pesan kepada mereka bahwa laman tersebut tidak ada. Anda dapat mengatur teks ubahsuaian atau pesan HTML yang menginstruksikan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  • Pengalihan Khusus: Jika seseorang menautkan ke salah satu pos atau laman Anda, dan Anda pun akan menghapus laman itu, atau mereka menautkan ke URL salah yang tidak ada, Anda dapat menggunakan opsi ini untuk mengalihkan semua tautan balik tersebut ke satu laman. Idealnya, ini harus menjadi URL beranda Anda di sini.

Bagian berikutnya adalah sesuatu yang saya sarankan agar Anda tidak main-main dengannya.

Namun, jika Anda ingin mengoptimalkan tag header robots.txt dan Custom robots Anda, Anda dapat mengikuti tutorial saya.

4. Mengedit Tema dan Tata Letak

Nah, di bagian ini, kita akan mengedit tata letak template blogger kita.

Blogger sudah memiliki berbagai template gratisan yang basic dan simple. Tapi, jika Anda ingin mencari template blog yang berbeda, Anda bisa mendownloadnya dari pencarian Google yang sederhana.

Namun, untuk artikel ini, kita akan menggunakan template blogger bawaan.

1. Menambahkan logo
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Blogger.com juga memungkinkan Anda untuk mengatur logo khusus untuk blog Anda.

Karena Anda sudah mulai, Anda tidak perlu mendapatkan desain logo yang mahal. Anda bisa membuat logo sederhana sendiri secara gratis dengan menggunakan jasa situs online untuk membuat logo dari pencarian Google.

Setelah itu, Anda bisa masuk ke opsi Tata Letak dan klik "ikon pensil" di kotak tajuk (header).

Opsi ini terdapat berbagai pilihan untuk mengatur logo, memilih gambar khusus untuk mengunggah yang Anda rancang.



2. Menambahkan gadget khusus
Gadget adalah cuplikan kode yang membantu Anda menambahkan berbagai fungsi di blog Anda. Biasanya digunakan untuk menambahkan tombol media sosial, opsi penelusuran, formulir kontak, statistik pengunjung, menu khusus, atau apa pun melalui HTML biasa.



Jika Anda ingin menambahkan gadget khusus ke blogger, Pada opsi "Tata Letak", Anda akan menemukan hyperlink yang bertuliskan "Tambahkan Gadget." Kemudian klik, maka akan membuka gadget default blogger, dan Anda dapat memilih mana yang akan ditambahkan .

Dengan ini, Anda telah menyiapkan blog profesional secara gratis di Blogger.com. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menulis posting dan halaman yang mengarahkan pengunjung ke blog Anda.

5. Penerbitan Konten

Jika Anda bingung, antara postingan and laman secara harfiah sama, kecuali laman biasanya adalah data konstan yang jarang diubah atau diperbarui.

Ini berarti Anda dapat menggunakan halaman untuk membuat halaman tentang kami (About Us), kebijakan privasi (Privacy Police) dan halaman penyangkalan (Disclaimer) dan informasi lainnya yang selalu konstan.

1. Membuat halaman tentang kami untuk blog Anda
Halaman tentang kami (about Us) mungkin akan menjadi halaman blog yang paling banyak dikunjungi karena setiap pembaca yang datang ingin melihat siapa Anda, misi Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari blog Anda.

Menulis tentang halaman Anda sederhana, Anda hanya perlu memberi pengantar untuk diri Anda sendiri.

Setelah itu, Anda bisa sedikit berbicara tentang blog Anda dan topik apa yang dapat diharapkan pembaca dari hal itu.

Jika Anda menyediakan layanan atau terbuka untuk transaksi bisnis, ada baiknya menyebutkannya di sini dan menghubungkannya dengan halaman terpisah yang akan Anda buat untuk mereka.

Terakhir, jangan lupa menambahkan saluran sosial Anda seperti Facebook, Twitter dan lain-lainnya agar mereka mengikuti Anda disana.

2. Menuliskan kebijakan privasi dan halaman disclaimer Anda
Kebijakan privasi dan halaman disclaimer menambahkan klarifikasi hukum mengenai bagaimana situs Anda menggunakan data pengunjung Anda dan faktor-faktor apa yang menjadi tanggung jawab Anda dan apa yang tidak.

Ini adalah halaman penting yang harus Anda buat sebelum meluncurkan blog Anda secara publik atau mengajukan permohonan untuk program monetisasi seperti AdSense.

Sekarang, tidak ada yang perlu ditakuti. Halaman-halaman ini dapat dengan mudah dibuat atau dihasilkan tanpa banyak pengetahuan teknis.

Berikut adalah cara membuat kebijakan privasi dan halaman penyangkalan dalam hitungan menit.

3. Menuliskan postingan pertama anda
Sekarang saatnya menulis posting atau artikel yang ingin dibaca orang di blog Anda.

Ini bisa menjadi topik yang Anda punya keahlian atau kata kunci yang ingin Anda rangking saat orang mencarinya di Google.

Untuk menulis postingan, masuklah ke dasbor blogger Anda dan pilih opsi "Entri baru."


Anda kemudian akan menuju di editor tempat Anda dapat menulis posting blog Anda, memberikannya sebuah judul, menambahkan gambar dan bahkan hyperlink ke posting dan halaman lain di blog atau artikel referensi Anda di seluruh web.

Konsep pengeditan serupa dengan yang Anda lakukan di MS Word atau Google doc, jadi tidak akan sulit bagi Anda.

Namun, berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan artikel blogspot Anda agar bisa SEO dan rangking lebih baik.

Sebaiknya saya menulis setidaknya 5 posting sebelum meluncurkan blog Anda secara publik atau berbagi dengan teman-teman.

Memiliki jumlah posting blog yang layak akan memberi cukup ide kepada pengunjung Anda tentang bagaimana blog Anda akan seperti apa dan apa yang dapat mereka harapkan darinya.

6. Monetisasi Blog Anda Dengan Google AdSense

Panduan memulai blog gratis pasti akan tidak lengkap tanpa tutorial menguangkan blog Blogspot Anda.

Berikut adalah cara menguangkan blog blogger anda dengan Adsense.

Bila Anda memiliki setidaknya jumlah posting blog yang layak dan pembaca yang bagus, Anda pasti bisa menggunakan Google AdSense untuk mendapatkan uang dari blog Blogspot Anda.

Anda dapat dengan mudah mendaftar AdSense melalui dasbor blogger Anda dan mendapatkan persetujuan.

Untuk mendaftar AdSense ganti dahulu bahasa di blogger ke bahasa inggris (English), lalu buka dasbor Anda, klik "Earnings" dan klik apply for AdSense.

Pengaturan Tata Letak Blogger

Karena saya membuat blog demo untuk tujuan tutorial ini, ini belum layak untuk AdSense.

Namun, bila Anda memiliki semua laman yang diperlukan dan beberapa postingan, Anda akan berhasil mendapatkan persetujuan.

Demikian cara untuk membuat blog di blogger.com, Saya harap Anda mendapatkan pengalaman dalam blogging dan mendapatkan sejumlah uang untuk kebebasan finansial Anda.

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Pribadi di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel