Mengetahui Perbedaan Antara blog dan Website

Mengetahui Perbedaan Antara blog dan Website

Pada hakikatnya blog dan website itu sama, sama-sama media online. Pembeda utamanya: blog itu merupakan situs pribadi yang berisi hanya coretan-coretan biasa tanpa unsur komersil sedangkan website memiliki kesan sebagai situs yang memiliki unsur komersil.

Menurut Wikipedia, blog adalah website dengan fungsi khusus. Jika anda pernah menjumpai web dengan tambahan halaman blog itu berarti website yang mempunyai fitur blog, beda dengan blog yang belum tentu memiliki fungsi seperti website. Seperti halnya forum, forum juga tipe website dengan fungsi khusus sama juga dengan blog, jika kita membandingkan blog dengan website maka kita akan menemukan perbedaan yang sedikit, karena website mempunyai arti secara luas dan blog memiliki arti secara sempit.

di sini saya akan menjelaskan sampai tuntas apa yang dimaksud dengan blog serta website.

1. Jika Dilihat Berdasarkan Konten

Jika Dilihat Berdasarkan Konten

Konten blog dapat berisi berbagai macam topik-topik yang berupa artikel. Pembahasan konten blog lebih luas lagi dan tidak terikat dengan satu pembahasan materi saja. Artikel bisa berupa pembahasan tutorial, teknologi, selebritis, pembelajaan bahasa, dan masih banyak lagi. Jiki dilihat sekilas, blog seolah-olah bertindak seperti majalah online yang senantiasa menyajikan informasi lengkap untuk memanjakan pengunjungnya. Hal ini berbeda jauh dengan konten yang dimuat didalam sebuah website. Konten website tidak selengkap seperti blog, website dibuat hanya untuk mewakili satu produk atau informasi yang serupa saja.

Penyajian konten blog dan website juga berbeda jauh. Biasanya konten yang ditulis disebuah blog disajikan dengan bahasa sederhana, bahasa informal atau bahasa tidak resmi. Sementara website biasanya menyajikan konten dengan nada sebaliknya, yaitu menggunakan bahasa formal.

Konten yang dibuat didalam sebuah website biasanya statis atau tidak berubah. Setiap kali kita mengunjungi website maka yang terlihat adalah daftar konten yang itu-itu saja. Berbeda jauh dengan konten yang disusun didalam sebuah blog. Jika admin sangat rajin update artikel, maka setiap kita berkunjung terhadap sebuah blog maka akan selalu disajikan tulisan atau artikel terbaru. Semua artikel biasanya akan disusun rapi dalam sebuah halaman arsip atau daftar isi (sitemap). Bahkan dalam sebuah blog akan ditemui widget popular post dan recent post.

Tidak sulit untuk membedakan blog dengan website begitu kita melihat halaman beranda keduannya (homepage). Sebuah blog tentunya di halaman beranda (homepage) akan dibanjiri dengan pilihan artikel yang disusun dari artikel lama sampai terbaru.

2. Berdasarkan Kode (Coding) Bahasa Pemrograman

Blog dan Website Berdasarkan Coding

Umumnya website dibuat oleh tangan-tangan ahli atau profesional dalam pengkodean. Karena website dibangun secara manual menggunakan kode-kode seperti HTML, CSS, PHP, Javascript, dan sebagainya. Namun jika kita membuat blog tidak perlu dipusingkan dengan ratusan kode. Kita cukup menggunakan template yang tersebar di internet. Bahkan saat ini sangat banyak template gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik tampilan blog.

Bukan berarti dalam membuat blog tidak harus paham dan mengerti dengan kode. Lebih baiknya lagi agar tampilan blog terkesan lebih profesional dan berbeda dengan tampilan blog orag lain, disarankan kita melakukan perubahan sedikit demi sedikit template gratis yang kita gunakan.

3. Perbandingan Trafik Blog Dengan Website

Perbandingan Trafik Blog Dengan Website

Jika bicara trafik atau pengunjung yang bersumber dari Search Engine Result Page (SERP) tentunya Anda sendiri sudah bisa menebak. Sebuah blog senantiasa akan selalu dibanjiri trafik dibanding dengan website. Alasannya sebuah blog terlihat lebih aktif dibanding dengan website. Tandanya konten blog setiap saat akan terus diperbarui oleh adminnya. Hal ini akan menarik minat pembaca untuk terus berkunjung terhadap blog aktif.

Hal lain yang disukai pembaca dari blog adalah dengan blog antar pembaca dan admin bisa berinteraksi langsung. Interaktif ini dibuktikan dengan menyediakan opsi kotak komentar, sharing artikel, langganan artikel, dan sebagainya. Berbeda dengan website, fasilitas-fasilitas tersebut untuk jenis website biasanya ditiadakan atau dinonaktifkan.

4. Tujuan Dibuat Blog dan Website

Tujuan Dibuat Blog dan Website

Website dibuat dengan tujuan sebagai sarana komersial produk-produk tertentu, menampilkan profil perusahaan, atau bahkan sebagai sarana jualan online. Sedangkan tujuan utama dibangun blog adalah mulanya hanya sebagai media online untuk mengekspresikan atau sebagai catatan pribadi admin. Blog tidak takut salah eja bahasa ketika menulis artikel, karena tidak dituntut dengan penggunaan bahasa formal.

Perbedaan antara blog dan website

Perbedaan antara blog dan website

Mengenai pentingnya kenapa kita mengetahui perbedaan blog dan website, kita akan tahu tujuan kita dalam membuatnya, banyak cms gratis seperti wordpress yang bisa digunakan sebagai blog atau digunakan sebagai tipe website yang lain, sebagai contoh toko online.

Jadi, jika anda ingin membahas website, harus jelas tipe website yang mana yang mau dibahas? Intinya website adalah sebuah halaman yang bisa diakses dengan alamat tertentu (alamat IP atau Domain).

Diluar sana banyak yang mengatakan bahwa website bersifat statis, konten berisi pengenalan layanan atau organisasi, jarang diupdate dan biasanya digunakan untuk profil perusahaan. Jika kita merujuk kembali ke Wikipedia tentang website dengan konten yang hanya berisi informasi tentang pengenalan layanan atau organisasi dan sering digunakan oleh perusahaan termasuk tipe corporate website atau website perusahaan.

Membahas website tipe blog dengan website tipe corporate atau untuk perusahaan, maka kita akan secara jelas akan mendapatkan perbedaan seperti berikut:

Tujuan dan Fitur Website dan Blog

Blog
  1. Blog digunakan sebagai media update informasi secara berkala, biasanya setiap pos aka nada informasi tanggal berapa informasi tersebut di publish. Informasi bisa berupa berita, tips dan trik.
  2. Memiliki halaman utama yang memuat daftar post yang telah dipublish, urutan bisa dari yang terbaru atau di bagi per kategori.
  3. Disetiap post memiliki bagian untuk berkomentar atau kolom komentar untuk memberikan umpan balik atau pertanyaan sesuai dengan isi post.
  4. Memiliki bagian kontak sebagai media untuk menghubungi penulis. Biasanya digunakan untuk alat komunikasi mengenai pertanyaan yang tidak bisa diajukan kedalam kolom komentar.
  5. Memiliki desain yang simpel dan ingin menonjolkan bagian posting.
  6. Biasanya dibuat murni sebagai media bertukar informasi dari penulis ke pembaca, penulis disini biasanya hanya sang pemilik situs atau beberapa orang saja, berbeda dengan forum.
  7. Biasanya biaya yang dikeluarkan tergolong kecil atau bahkan gratis.
  8. Pembaca akan mengenal sang penulis dan tipe blognya.

Corporate Website
  1. Tidak ada informasi yang diupdate secara berkala, kalaupun jika ada tambahan informasi, biasanya tidak jauh tentang perusahaan atau organisasi itu sendiri dan itupun jarang.
  2. Website memiliki homepage yang elegan dan berisi tentang informasi jenis-jenis layanan yang ditawarkan. Homepage akan di optimasi semenarik mungkin untuk menarik calon konsumen dan membangun kesan yang bagus.
  3. Biasanya tidak terdapat kolom komentar untuk tiap informasi yang dipublish.
  4. Memiliki halaman kontak, sama seperti blog. Bahkan ada yang menambahkan peta atau lokasi perusahaan pada bagian halaman kontak.
  5. Desain dibuat elegan dan memukau. Hal ini demi membangun brand dan nama perusahaan atau organisasi itu sendiri.
  6. Dibuat murni sebagai media promosi perusahaan dan layanannya atau sebagai tempat pengaduan masalah layanan secara online.
  7. Biaya yang dikeluarkan tergolong besar, karena tingkat custom yang tinggi. Mulai domain dan beberapa fungsi tambahan.
  8. Pembaca akan lebih memahami perusahaan dan jenis layananya.

Jika ada yang mempunyai kedua fitur tersebut, maka disebut web dengan kemampuan tambahan blog yang mana fungsi blog lebih ditujukan untuk menjaring calon konsumen dan memberikan pengaruh terhadap jasa atau produk yang ditawarkan. Diluar sana sudah banyak yang menggunakan blog sebagai alat untuk menjaring calon konsumen dan banyak yang berhasil, yang perlu diperhatikan adalah isi blog tersebut harus murni mendukung layanan dalam perusahaan atau organisasi tersebut dan buat tindakan akhir yang menuju produk atau layanan anda.

Kesimpulan

Perbedaan blog dengan website akan selalu meluas seiring perkembangan teknologi, semakin maju akan semakin banyak fitur dalam blog yang membuat perbedaan semakin jauh dengan tipe website yang lain. Intinya blog merupakan bagian website, jika ada yang tanya tentang website kepada anda, maka tanyakan dulu tipe mana yang ditanyakan?

0 Response to "Mengetahui Perbedaan Antara blog dan Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel